4 Merk MicroSD Class 10 yang Bagus

micro sd

MicroSD (Micro Secure Digital) saat ini sudah menjadi barang wajib ketika kita akan membeli smartphone. Minimnya penyimpanan internal yang disediakan pabrikan membuat orang berfikir untuk membeli penyimpanan tambahan seperti microSD.

Harganya pun saat ini sudah cukup terjangkau. Dengan dana 100 ribu, kamu sudah bisa membawa pulang microSD class 10 dengan kapasitas 32GB. Sebuah ukuran yang cukup besar bukan?

Tapi membeli microSD jangan asal-asalan. Walaupun harganya murah, tentu kamu tidak ingin data yang ada pada microSD kamu hilang dalam waktu dekat karena rusak.

Merk merupakan salah satu pertimbangan yang bisa kamu ambil ketika akan membeli microSD dan pastikan kamu membeli microSD class 10 karena kecepatan baca-tulis dari microSD class 10 lebih baik dibandingkan dengan class dibawahnya.

Sebagai pertimbangan, kamu bisa beli microSD dari brand

1. SanDisk



SanDisk tidak diragukan lagi memiliki durabilitas yang baik pada setiap microSD yang dibuatnya. Selain itu SanDisk juga memberikan garansi yang cukup panjang apabila microSD mengalami kerusakan.

Selain itu SanDisk juga telah dibeli oleh Western Digital, sebuah perusahaan penyimpanan digital untuk segmen enterprise yang tentu membuat SanDisk lebih kompetitif.

Jika ingin performa yang lebih maksimal, SanDisk memiliki tipe microSD Ultra Plus dan Extreme Plus yang memiliki kecepatan baca-tulis hingga 120 MB/s.

Untuk harga, microSD SanDisk Ultra dengan kapasitas 64GB berada di harga 200 ribu hingga 300 ribu.

2. Samsung



Selain smartphone, Samsung ternyata memiliki unit bisnis pada microSD. Kualitasnya pun cukup bagus dan harganya cukup terjangkau.

Varian microSD Samsung yang memiliki performa lebih adalah tipe Evo dan Pro. Untuk varian microSD Samsung Evo Plus 64GB harganya sekitar 280 ribu di toko online.

3. Transcend



Mungkin kamu jarang mendengar merk Transcend. Tetapi menurut saya performanya cukup baik karena saya sendiri menggunakan microSD dari Transcend dengan kapasitas 32GB.

Transcend memiliki varian Premium dan Ultimate. Varian Ultimate merupakan varian tertinggi dari Transcend dan harganya cukup mahal untuk kapasitas 64GB.

4. V-Gen



V-Gen merupakan merk microSD yang cukup ekonomis bagi kebanyakan orang. Harganya cukup terjangkau, namun berani memberikan garansi seumur hidup untuk beberapa varian microSD.

V-Gen sendiri memiliki varian Turbo dan Hyper sebagai varian tertingginya. Seri Hyper untuk 64GB dibandrol dengan harga sekitar 400 ribuan.

Semua varian microSD yang disebutkan diatas tentunya sudah class 10.

Memilih merk microSD yang bagus tentunya tidak bisa mutlak ditentukan karena setiap perusahaan microSD tentu terus berinovasi untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggannya.

Tanpa mengenyampingkan produsen lain, empat produsen microSD yang saya sebutkan juga semuanya bagus. Tinggal kamu yang memutuskan untuk membeli yang mana tergantung kemampuan finansial yang kamu punya.

Update 9 September 2020

Pertimbangan diatas merupakan preferensi pribadi dari kami yang sudah menggunakan keempat microSD tersebut. Bukan berarti merk microSD yang lain jelek, tetapi belum pernah kami coba.

Saat ini kami sedang menggunakan microSD merk Teamgroup dan sepertinya cukup bagus untuk kalian gunakan.

Oh ya masih ada merk microSD yang lain seperti Lexar, Adata, Kingston, dll. Semua merk microSD juga bagus, yang terpenting adalah pastikan kalian membeli microSD yang punya speed kencang. Minimal sudah Class 10 dan mendukung read/write 100mb/s.

Apakah artikel ini bermanfaat? Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat dan komentar jika ingin ada yang ditanyakan. Terima kasih!

Posting Komentar

1 Komentar