Nyobain Deepcool Ice Edge Mini FS v2.0 + Ngobrol Tentang Cooler Aftermarket


Halo lur, sudah lama tidak update karena berbagai kesibukan, akhirnya bisa menulis lagi di blog ini. Kali ini gue mau ngebahas, atau ngobrol lah, tentang CPU cooler, terutama yang berasal dari pihak ketiga.

Kenapa emangnya? Karena gue sendiri dari dulu belum pernah nyobain, atau masang sendiri cooler prosesor yang diluar pabrikan prosesornya itu sendiri. Dan kemarin gue coba pasang sendiri CPU cooler aftermarket di PC desktop yang baru gue rakit. Belum selesai semua sih, tinggal VGA sama memory yang perlu diupgrade.

Gue sengaja beli pendingin prosesor yang gak terlalu mahal karena mubazir juga sih sebenernya kalau beli yang mahal. Sisa uangnya bisa dialihkan buat upgrade VGA karena gue emang pengen banget upgrade. Gue pake Radeon R7 250 2GB dari PowerColor sekarang dan menurut gue kurang oke kalo dipake gaming di resolusi 1080p.

Setelah cari sana-sini, gue beli Deepcool yang seri Ice Edge Mini FS v2.0. Harganya di pasaran murah sekitar 150 ribuan di toko online. Ada sih yang lebih murah dari itu, cuma gue lebih sreg sama Deepcool Ice Edge Mini karena punya dua heatpipe yang menurut gue lebih baik daripada pendingin prosesor biasa. Apalagi pendingin bawaannya Intel yang so old.

Buat Intel, gue mohon cooler bawaannya bisa lebih dibagusin lagi modelnya. Syukur-syukur udah ada ergebeh.

2019 no ergebeh no party beybeh!

Deepcool Ice Edge Mini ini sendiri bisa dipasang di semua platform Intel dan AMD ya. Kecuali platform seri X untuk Intel dan TR4 untuk AMD. Soalnya agak mustahil kalo orang udah beli prosesor kelas sultan, tapi coolernya level bawah kaya cooler yang gue pake.

Sekilas info aja kalo platform sultan TR4 itu bentuk prosesornya lebih lebar, jadi harus dipasang sama pendingin khusus yang udah mendukung TR4.

Cooler yang gue pake ini soket Intel dan AMD bisa kok. Gue pasang di platform 1155 Ivy Bridge bisa. Di box penjualannya ada cara pasang dan soket apa aja yang kompatibel dengan pendingin ini.

Soket yang kompatibel

Paket penjualannya sederhana banget. Cuma ada coolernya sama ring untuk dipasang di motherboard Intel. Masangnya juga gampang, udah ada petunjuk pemakaiannya juga di boxnya.

Cara pemasangan

Kalo udah dipasang jadinya kaya gini.

Pemasangan

Pemasangan setelah masuk casing. Abaikan kabel yang berantakan :P


Tujuan gue beli CPU cooler diluar standarnya sendiri itu sebenernya cuma pengen tau cara masangnya gimana dan perbedaannya sama cooler bawaan gimana. Kalo soal lebih dingin atau enggak, gue gak bisa pastikan karena gue gak punya cooler bawaan Intelnya.

Tapi gue yakin bakalan lebih dingin karena dua pipa yang direct contact ke prosesor bikin panas prosesor lebih gampang tersalurkan. Ditambah kipasnya yang berukuran 8 cm, menurut gue udah cukup buat menjinakan panas dari prosesor gue.

Btw prosesor gue itu pake Intel Core i5 3570 sama motherboard Gigabyte H67 yang serinya gue lupa. Dan gue belinya seken tentu aja. Nyari prosesornya gampang. Tapi nyari motherboard yang seri H67 itu susah banget. Banyaknya cuma seri H61 di pasaran.

Soal penggunaannya, gue lebih banyak untuk penggunaan gaming, jadi tentu pendinginan yang lebih baik akan lebih bagus juga pada prosesornya.

Cuma untuk overclocking, gue sangat tidak menyarankan untuk menggunakan aftermarket cooler yang gue pake ini walaupun gue yakin masih mampu untuk mendapatkan ekstra beberapa MHz dari prosesor yang dipake.

Sayangnya gue gak bisa overclock prosesor karena memang prosesornya gak bisa di overclock. Seri prosesor Intel itu dari dulu yang bisa di overclock punya akhiran K dibelakang seri prosesornya. Misal prosesor gue Core i5 3570, nah yang bisa dioverclock itu Core i5 3570K.

Menurut gue, perlu atau enggaknya pake CPU cooler aftermarket ini tergantung dari penggunaan dan tujuan penggunaan komputernya sendiri. Kalau gue sih sebenernya gak perlu-perlu banget buat pasang, karena pake yang bawaan pasti mencukupi.

Tapi karena gue ingin lebih tau dan pengen belajar cara pasangnya, jadinya gue pasang fan yang bukan bawaan Intel nya. Deepcool Ice Edge Mini FS v2.0 menurut gue udah cukup untuk pemula kaya gue buat yang ingin step-up ke cooler aftermarket. Harganya murah dan gak terlalu ribet pasangnya.

Yang gak perlu adalah pasang pendingin prosesor yang bertipe air cooling tapi bentuknya segede gaban atau pendingin air (watercooling). Rugi sih kalau dipasangnya di prosesor yang sama kaya gue. Mubazir. Harganya mahal tapi menurut gue berlebihan sih kalo cuma buat dipake gaming/office. Tapi kalo sampeyan sultan mah gapapa.

Menurut dulur-dulur gimana nih? Tulis komentarnya dibawah ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar