Apakah Harga SSD, RAM, dan VGA Sudah Mulai Turun?


Tahun 2017 lalu merupakan tahun yang buruk untuk merakit komputer. Pada tahun itu, harga komponen komputer naik gila-gilaan. Harga RAM, SSD, sampai kartu grafis (VGA) pun naik hingga sekitar 30%. Apalagi kartu grafis bisa naik hingga 70% lebih.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai sebab. Yang pertama adalah maraknya penambang mata uang digital, yang mana membutuhkan kartu grafis yang banyak untuk menjalankan sistem untuk mendapatkan mata uang digital. Entah itu bictoin, etherium, ripple, dll.

Kondisi ini menjadikan harga kartu grafis menjadi naik. Permintaan banyak dan stok barang sedikit jadi alasan kenapa harganya naik drastis. Soalnya penambang ini membutuhkan 10 sampai 100 kartu grafis agar lebih cepat menambang. Lebih banyak lebih bagus.

Sedangkan naiknya harga RAM disebabkan oleh permintaan yang sangat tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa RAM tidak hanya dipakai untuk part komputer saja, tetapi digunakan pula pada smartphone yang produksinya sangat banyak. Produsen besar modul RAM sendiri dikuasai oleh tiga perusahaan yakni Samsung, Micron, dan SK Hynix.

Alasan itu pula yang menyebabkan harga SSD di tahun lalu sempat naik hingga 800 ribuan untuk kapasitas 120 GB. Karena SSD dibuat dari komponen NAND dan memori komputer dibuat dari DRAM.

Lalu bagaimana sekarang?

Melihat dari kondisi di marketplace online, harga kartu grafis masih sangat tinggi. Pantauan saya, harga NVDIA GTX 1060 3GB masih berada di harga 4,2 jutaan padahal harga normalnya dulu sekitar 3 jutaan. Begitupun Radeon RX 560 2GB berada di angka 2 jutaan.

Sedangkan untuk RAM, ada kemungkinan turun karena walaupun kebanyakan RAM 2x4GB masih mahal, harganya turun sedikit. Corsair Vengeance 2x4GB yang dulu harganya sempat menyentuh 1,7 jutaan, sekarang sudah turun sampai 1,5 jutaan.

Memang masih tinggi dibandingkan dengan harga normal dulu. Namun penurunan ini kemungkinan akan terus berlanjut.

Ini karena produsen RAM murah, V-GEN, mengeluarkan seri high-end memory dengan merk Tsunami. V-Gen Tsunami ini cukup mudah dijumpai di toko online dan dibandrol dengan harga 1,2 juta saja untuk 2x4GB. Sudah ergebeh dan memiliki rating hingga PC2100 2666 MHz.

Lalu SSD. Berbahagialah karena harga SSD dengan kapasitas 120 GB sudah menyentuh harga 500 ribuan saja di marketplace. Dan itu hampir semua merk sudah menyentuh harga tersebut.

Terus bagaimana? Beli sekarang jangan?

Membeli SSD menurut saya lebih pas untuk dibeli tahun ini. Selain sudah murah, SSD ini mampu mempercepat proses baca-tulis di komputer secara signifikan dibandingkan HDD konvensional. Belum pernah coba SSD kan? Makannya coba sekarang mumpung murah.

Sedangkan untuk RAM dan kartu grafis, lebih baik tahan dulu untuk beli karena harganya masih terbilang tinggi. Atau jika kebelet ingin beli, belilah RAM dulu. Sekarang sudah cukup murah dibandingkan akhir tahun lalu yang harganya jadi 2x lipat.

Kartu grafis pun begitu. Memang tren mining ini terlihat menurun, namun harga kartu grafis sendiri masih cukup tinggi dan sepertinya belum turun dalam waktu dekat.

Tetapi pilihan membeli atau tidak, ada di kamu sendiri. Jika memang kepepet beli, silakan beli mumpung beberapa komponen komputer sudah turun harganya. Tetapi jika tidak, tidak apa-apa juga.

Jangan lupa bagikan di sosmed kamu jika dirasa artikel ini bermanfaat.

My Instagram