Kapan Saat yang Tepat untuk Membeli RAM Komputer?


Harga RAM untuk komputer sekarang sedang mahal sekali! Berdasarkan riset ala-ala yang saya lakukan di Tokopedia, harga RAM yang paling mahal dengan kapasitas 2x4 GB DDR4 sudah mencapai harga sekitar 1,8 juta rupiah dan yang paling murah sekitar 1,4 juta.

Padahal pertengahan tahun lalu, sebelum Idul Fitri, harga RAM ini ada di kisaran harga 1 juta kurang dengan kapasitas yang sama.

Harga RAM yang mahal ini dikarenakan para pabrikan RAM untuk komputer lebih memfokuskan untuk memproduksi memori untuk smartphone ketimbang untuk komputer. Karena pasokannya jadi sedikit tetapi permintaan banyak, tentu harga jadi semakin mahal.

Saya termasuk salah satu yang menyesal kenapa tidak membeli RAM sejak lama. Padahal waktu itu RAM yang saya inginkan untuk 2x4 GB dari Team harganya masih 800 ribu. Kingston Hyper Fury juga masih 950 ribu dahulu. Sekarang hampir dua kali lipatnya!

Alhasil saya tidak jadi beli dan merakit PC nya karena harganya semakin mahal dari hari ke hari.

Dan sekarang muncul prosesor Ryzen 3 2200 G dan Ryzen 5 3200 G yang memiliki GPU Vega terintegrasi! Dan sayangnya memerlukan RAM dual-channel untuk mendapatkan performa yang maksimal yang sayangnya lagi, harganya sedang sangat mahal.

Jadi bagaimana? Kapan beli RAM-nya ketika saya pengen banget rakit komputer buat gaming dengan prosesor Ryzen 3 2200 G?

Ada dua opsi.

Yang pertama, beli sekarang juga!

Iya beli sekarang juga. Kita tidak pernah tahu apakah harga RAM ini akan naik lagi atau tidak. Yang jelas, menurut info yang beredar, keterbatasan RAM komputer ini akan terjadi cukup lama yakni sampai akhir tahun 2018.

Kalau kamu emang ingin sekali merakit PC sekarang, ya belilah sekarang mumpung harganya belum terlalu naik sampai 2 juta untuk 2x4 GB.

Yang kedua, beli tahun depan

Kalau memang tidak terburu-buru untuk merakit PC, lebih baik tunggu hingga harga RAM ini turun. Setidaknya sampai akhir 2018 sampai produsen mampu mencukupi kebutuhannya.

Tapi harganya juga belum bisa dipastikan turun ketika tahun 2019 mulai bergulir karena memang agak sulit untuk memastikan kalau harganya memang benar-benar akan turun.

Jika tidak memilih keduanya, setidaknya kamu bisa memilih untuk membeli laptop gaming. Harganya relatif stabil ketimbang komponen komputer saat ini.

Dengan harga 12 jutaan kamu sudah bisa mendapatkan laptop gaming yang cukup mumpuni. Prosesor Intel Core i7, RAM 8GB, GPU sekelas GTX 1050 dan layar yang sudah Full HD.

Kalau saya pribadi lebih memilih untuk membeli laptop gaming karena lebih praktis dan harganya tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan merakit dengan harga komponen yang sekarang. Sepertinya harga RAM pada tahun ini kurang bersahabat dengan kantong.

Kalau kamu pilih yang mana?

My Instagram