Inilah 2 Tren Smartphone di Tahun 2018


Tahun 2018 sudah memasuki bulan Februari. Hingga saat ini, inovasi pada smartphone dari tahun ke tahun selalu meningkat pesat. Dari awalnya hanya prosesor single core dan RAM 1 GB, sekarang octa core sudah banyak ditemui di smartphone kebanyakan. Dan RAM, sekarang sudah ada juga yang 6 GB.

Selalu ada tren baru tiap tahunnya. Hal ini produsen lakukan agar pelanggan tidak bosan dan terus membeli smartphone setiap tahunnya.

Lalu, apa saja tren smartphone di tahun 2018 ini?

1. Layar rasio 18:9

Layar dengan rasio 18:9 atau bezel-less di tahun sebelumnya hanya ditemui di smartphone kelas atas saja. Tetapi di tahun 2018, sepertinya semua pabrikan smartphone akan memasarkan produknya dengan layar 18:9 pada semua segmen. Termasuk kelas menengah ke bawah.

Dimulai dari Xiaomi, yang memang selalu membawa fitur kelas atas dengan harga yang terjangkau. Seperti Redmi 5 dan Redmi 5 Plus membawa fitur layar 18:9 ini dengan harga yang sangat miring. 1,9 juta untuk Redmi 5 dan 2,3 juta untuk Redmi 5 Plus.

Namun sayangnya kedua produk Xiaomi itu hanya didapat dengan mekanisme flash-sale. Jadi tidak mudah untuk membelinya.

Infinix juga tidak mau kalah dengan meluncurkan Infinix Hot S3 yang memiliki fitur layar serupa dengan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus yakni layar dengan rasio 18:9 dengan harga 1,9 juta.

Sebelumnya juga sudah hadir iPhone x, LG G6, Xiaomi Mi Mix, dan Samsung S8 yang sudah lebih dulu menghadirkan layar seperti ini. Terlihat lebih berkelas dan premium.

2. Kamera yang lebih dari 2

Kamera merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat zaman sekarang. Sampai sampai salah satu pabrikan yang hanya menjagokan kameranya saja mampu meraih pasar yang cukup besar di Indonesia.

Dual kamera saat ini menjadi tren karena melihat pasar yang ingin gambarnya terlihat lebih bagus dan tajam layaknya hasil kamera DSLR. Hampir semua vendor menyertakan fitur ini.

Moto dengan G5s Plus, Xiaomi dengan A1, Asus zenfone 4 Max Pro, hingga iPhone x.

Bahkan tidak hanya di bagian belakang saja yang kameranya ada dua. Di bagian depan juga sudah ada yang menyematkan dual kamera. Empat kamera di depan dan belakang pun sepertinya tidak mustahil akan ada di bulan-bulan berikutnya.

Itulah dua hal utama yang akan menjadi tren di tahun 2018 ini. Jika smartphone kamu saat ini tidak memiliki keduanya, berarti kamu bisa dibilang ketinggalan zaman :P

My Instagram