Jangan Asal Beli Power Supply! Inilah 3 Tips Memilih Power Supply yang Bagus untuk Komputer Kamu


Power supply biasanya jarang dijadikan prioritas utama bagi yang ingin merakit komputer. Mereka lebih mengutamakan prosesor kelas atas seperti Intel Core i7  ataupun graphic card kelas sultan seperti NVIDIA GTX 1080 Ti.

Jarang sekali para perakit PC ini memperhatikan kehandalan dari power supply. Padahal keberadaannya sangat penting untuk menghidupi seluruh komponen yang ada pada sebuah komputer.

Seringkali pula banyak komputer yang tiba-tiba mati mendadak dan tidak bisa dinyalakan lagi. Ketika dicek, ternyata masalahnya ada pada power supply yang kurang baik.

Hal ini kadang berakibat fatal pada hardware yang ada pada pada komputer. Entah itu motherboard, prosesor, RAM, ataupun graphic card.

Kan sayang ketika motherboard atau prosesornya sudah kelas sultan, ternyata harus rusak gara-gara power supply yang abal-abal.

Saya pun pernah mengalami hal ini dan untungnya hanya power supply nya yang bermasalah. Komponen lainnya masih bisa dinyalakan ketika saya mengganti unit yang baru.

Berdasarkan pengalaman pribadi, memilih PSU yang bagus ini sebenarnya mudah sekali. Apa saja?

1. Perkirakan jumlah daya yang diperlukan untuk menghidupi komputer racikan kamu


Sebelum memilih, kamu harus memperkirakan daya yang diperlukan oleh komputer kamu.

Biasanya untuk komputer kelas menengah, dengan prosesor seperti Intel Pentium G4560 dan VGA card Radeon RX 560 membutuhkan suplai daya 450 watt.

Walaupun sebenarnya 400 watt juga masih mampu untuk menghidupi keduanya, lebih baik kita lebihkan sedikit agar ketika upgrade, tidak perlu beli lagi.

Jika diatas itu, kamu harus membeli power supply diatas 500 watt agar kuat untuk menghidupi prosesor dan graphic card. Apalagi jika VGA tersebut memiliki konektor daya langsung dari power supply.

Atau jika ingin lebih jelas, kamu bisa search di Google dengan kata kunci PSU calculator. Disana kamu bisa memperkirakan berapa sih total daya yang dibutuhkan untuk komputer rakitan kamu.

2. Perhatikan merk!


Saya tidak terlalu fanatik pada sebuah merk, terutama pada ponsel pintar. Namun ketika kita harus memilih power supply, merk ternyata sangat berpengaruh pada kualitas sebuah power supply.

Merk yang bagus, tentu kita harus menebusnya dengan harga yang cukup mahal. Ketika saya membeli PSU Be Quiet! 500 Watt, harganya berada di kisaran 600 ribuan.

Cukup jauh dari harga power supply yang rata-rata dibandrol dibawah 200 ribu.

Tapi mengorbankan sedikit budget untuk kualitas daya yang baik tentu tidak jadi masalah kan? Toh hanya mengorbankan 400 sampai 600 ribu dari total budget pada rakitan komputer kamu.

Selain merk tersebut, ada juga merk Seasonic, Corsair, ataupun Cooler Master yang brand nya sudah teruji cukup baik pada hardware komputer.

Kalau bisa, pilihlah yang minimal memiliki sertifikasi Bronze.

Kenapa harus yang memiliki sertifikasi Bronze? Soalnya sertifikasi Bronze ini membuktikan kalau power supply tersebut memiliki efisiensi yang tinggi yaitu sekitar 85%.

Diatasnya masih ada sertifikasi Silver, Gold, hingga Platinum.

Semakin tinggi sertifikasinya, akan semakin bagus daya yang dihasilkannya.

Dan tentu harganya semakin mahal.

3. Bacalah review di internet


Setelah menemukan power supply yang sesuai keinginan, bagus, dan jos banget lah, jangan lupa untuk membaca review nya di internet. Bisa dari Google ataupun YouTube.

Kalau memang tidak ada ya jangan khawatir. Toh harga dan merk memang gak bohong.

Saya sendiri memakai Be Quiet! 500 watt ini sudah hampir 1 tahun dan Alhamdulillah tidak ada kendala sama sekali. Masih tangguh untuk menghidupi komputer rakitan saya yang masih kelas ROK alias Republic Of Kere.

Semoga bermanfaat bagi kamu dan boleh diceritakan pengalaman kamu tentang memilih power supply dibawah ini.
Diberdayakan oleh Blogger.