Unboxing dan Preview Transcend StoreJet 25H3 1 TB, Hard Disk Eksternal Shockproof Harga Terjangkau!


Kapasitas file yang semakin besar membuat kita memiliki dua pilihan:

Menambah kapasitas hard disk internal, atau membeli hard disk eksternal.

Pilihan pertama bisa jadi masuk akal bagi pengguna komputer rumahan atau PC. Karena tinggal menambahkan hard disk internal, kapasitas penyimpanan internal pun bertambah. Masalah selesai.

Pilihan kedua pun lebih masuk akal bagi pengguna laptop karena penyimpanan internalnya tidak bisa ditambah lagi.

Walaupun sekarang kapasitas hard drive nya sudah 1 TB, bagi sebagian orang, sudah tidak cukup lagi. Sehingga memerlukan tambahan penyimpanan yang ringkas dan kapasitasnya besar.

Di meja saya terdapat hard disk eksternal dari Transcend StoreJet 25H3, yang menurut saya pabrikan ini cukup mumpuni dalam bidang media penyimpanan eksternal.

Ngomong-ngomong saya juga memiliki microSD card dari Transcend. Sejauh ini performanya baik dan tidak ada masalah. Ada di postingan ini gambarnya.

Hard disk dari Transcend ini memiliki nilai plus karena dengan harga yang tidak terlalu berbeda jauh dengan kompetitor, ia memiliki fitur shockproof. Sebuah fitur yang mampu menahan goncangan yang bisa mengakibatkan data di dalam hard disk eksternal tersebut hilang.

Hardware yang digunakan untuk pengujian adalah sebagai berikut:

Prosesor AMD A6 6400 3.8 GHz
Motherboard Biostar A58ML2 ver 7.1 FM2+
RAM Bulldozer DDR3 2x2 GB
Storage Seagate 160 GB 7200 RPM
Graphic Card PowerColor Radeon R7 250 2 GB
Power Supply Be Quiet 500W 80+

Kesan pertama memegang hard disk eksternal ini adalah kokoh, solid, dan kesat. Hampir semua bodi hard disk eksternal Transcend ini berbalut bahan seperti karet sehingga tidak mudah untuk jatuh dari genggaman.

Yah mungkin warna ungu bagi sebagian orang agak aneh. Tapi karena saat itu hanya ada warna ini, mau tidak mau ya harus mau.

Isi kemasan

Tidak banyak yang diberikan Transcend pada paket penjualan hard disk eksternal ini. Terbilang standar seperti pabrikan lainnya. Ada hard disk eksternal itu sendiri, kabel untuk menyambungkan hard disk ke komputer USB 3.0, dan kitab-kitab yang mungkin tidak akan kita baca.
































Pengujian

Tidak banyak pengujian yang saya lakukan. Hanya menggunakan aplikasi HDTune versi 2.55 dan transfer file sebesar 6,7 GB.

Hasilnya adalah sebagai berikut menggunakan utility HD Tune:


Sedangkan untuk pengujian transfer file 6.7 GB, didapatkan hasil 5 menit 33 detik saja.

Kesimpulan

Dari pengujian yang dilakukan pada HDTune, terlihat bahwa terjadi penurunan tingkat kecepatan transfer data. Secara umum, USB 3.0 mampu menulis hingga 480 MB/s secara teoritis.

Tetapi rata-rata hanya mampu mencapai 32,7 MB/s maksimalnya. Ini karena perbedaan interface yakni motherboard yang digunakan tidak memiliki port USB 3.0 sehingga kecepatan transfernya berkurang drastis.

Hard disk eksternal dari Transcend ini menurut saya cukup bagus performanya. Apalagi sudah memiliki fitur shockproof yang menjadi nilai plus dari hard disk eksternal ini.

Hard disk eksternal ini juga cocok bagi kamu yang agak ceroboh dalam urusan simpan-menyimpan. Karena kita tahu data yang ada pada hard disk eksternal agak sensitif pada goncangan. Ketika data hilang, tentu sangat merugikan kita.

Punya komentar lain terhadap hard disk eksternal Transcend ini?
Diberdayakan oleh Blogger.