Apakah Sudah Saatnya Meninggalkan Windows 10 Mobile?


Saat membaca tulisan ini, ponsel apa yang sedang kamu pegang?

Android?

iPhone?

Windows 10 Mobile?

Saya yakin pengguna Android atau iPhone lebih mendominasi ketimbang pengguna Windows 10 Mobile. Karena saat ini Windows 10 Mobile sepertinya sudah akan berakhir era dan kejayaannya.

Sempat digadang-gadang akan menaikan pamor Windows pada mobile device, ternyata Windows 10 Mobile kurang bisa bersaing dengan sistem operasi mobile lainnya yang sudah lebih dulu eksis.

Dan sepertinya akan sangat sulit untuk menembus hegemoni sistem operasi Android dan iOS. Keduanya berhasil melibas BlackBerry OS yang pada akhirnya BlackBerry sendiri memilih untuk menggunakan sistem operasi Android pada BlackBerry Aurora yang menurut saya dibandrol dengan harga yang cukup menarik.

Saya cukup mengenal Windows 10 Mobile dan pernah menggunakannya pada ponsel Lumia 535 dan pada saat itu impresinya cukup baik.

Bahkan ponsel pintar pertama saya adalah Lumia 620 yang notabene menggunakan Windows Phone 8.1. Sistem operasi mobile yang menurut saya sangat baik.

Sayang aplikasi populer yang ada di Android beberapa tidak hadir dalam Windows Phone dan yang terbaru Windows 10 Mobile.

Padahal Microsoft sudah bekerja keras untuk meraih konsumen baru. Contohnya Windows Insider yang mengizinkan pengguna untuk menjajal versi betanya lebih awal. Atau Universal Windows App yang memungkinkan aplikasi Android berjalan di Windows 10 Mobile.

Tetapi tetap belum ada hasil.

Saya pun jadi agak kurang tertarik lagi menggunakan Windows 10 Mobile. Lebih suka menggunakan Android atau iOS sebagai daily driver. Produktivitas ataupun multimedia mampu dilakukan dengan lancar.

Dan Windows 10 Mobile pun masih kurang dilirik oleh konsumen.

Jujur saya sudah tidak menggunakan ponsel Lumia 535 lagi karena saya merasa kurang sreg karena aplikasi populer macam Tokopedia, GO-JEK, Grab tidak hadir disana.

Walaupun bisa diatasi dengan menggunakan browser bawaan, atau menginstal Uber, tetap saja kurang nyaman. Kurang smooth. Maklum masih menggunakan ponsel kelas bawah.

Entah jika menggunakan ponsel Windows 10 Mobile kelas atas macam Lumia 950.

Ngomong-ngomong Windows Phone 8.1 dukungannya sudah tidak diberikan lagi oleh Microsoft. Jadi sudah tidak ada dukungan teknis lagi untuk sistem operasi tersebut.

Dan sekarang sudah tidak ada lagi ponsel baru yang menggunakan Windows 10 Mobile di Indonesia. HMD Global selaku pemilik lisensi baru Nokia justru menggunakan Android pada ponsel Nokia kedepannya. Tidak menggunakan Windows 10 Mobile.

Kalaupun ada, mungkin itu stok lama yang tidak terjual. Harganya pun cukup murah untuk ukuran ponsel pintar saat ini.

Masyarakat pun sepertinya sudah tidak melirik device Windows 10 Mobile dan lebih memilih Android atau iOS sebagai ponsel pintar.

Meskipun begitu, masih ada yang menggunakannya sebagai daily driver. Mungkin ada fitur yang dimiliki oleh Windows 10 Mobile yang lebih powerfull bagi penggunanya ketimbang device lain.

Entahlah saya tidak mengeksplor terlalu jauh Windows 10 Mobile.

Jadi haruskan meninggalkan sistem operasi buatan Microsoft ini?

Menurut saya sih, iya. Menurut kamu?
Diberdayakan oleh Blogger.