Browser yang (Sepertinya) Sudah Gak Sesuai Faedahnya


Browser sejatinya dibuat untuk mengakomodir penggunanya untuk menjelajah ke internet. Tanpanya, kita gak bisa mengakses berbagai informasi yang ingin kita lihat di dunia maya.

Ada banyak browser yang bisa kita unduh dengan gratis di toko aplikasi. Google Chrome, Safari, ataupun Mozilla Firefox. Nama terakhir cukup booming pada awal kemunculan internet karena mampu menghadang laju browser Internet Explorer yang dibundling dengan Windows.

Tapi kerasa gak sih kalau sekarang browser sudah gak sesuai dengan fungsinya? Browser sekarang jadi cukup banyak menampilkan berita-berita dari berbagai sumber yang judulnya menggiurkan untuk dibuka. Clickbait lah istilah kerennya.

Ataupun berita yang menurut saya pribadi kurang penting. Dan mungkin ada beberapa yang hoax.

Browser seperti UC Browser dan Opera menurut saya agak menyimpang dari faedah fungsi browser itu sendiri. Saat membuka aplikasi tersebut, kita langsung dihadapkan dengan berita-berita yang jujur saja menggoda untuk diklik.

Ini contoh yang saya dapatkan dari browser Opera. Untuk UC saya tidak tampilkan karena memang saya tidak memasangnya.



Bagaimana, menggoda sekali bukan untuk diklik?

Mungkin ini akibat dari boomingnya aplikasi pengepul berita. Melihat kesuksesan yang diraih oleh aplikasi pengepul berita, jadilah para pembuat browser ini menambahkan layanan untuk membuka berita dengan cepat.

UC Browser justru membuat aplikasi pengepul beritanya sendiri dengan aplikasi UC News yang walaupun kita tidak mengintal UC News, ada saja berita yang muncul.

Opera malah langsung menampilkan berita dibawah panel navigasi seperti pada gambar diatas.

Sebenarnya langkah itu gak salah. Itu juga mungkin cara dari perusahaan yang menaungi keduanya untuk mendapatkan keuntungan finansial.

Yah kita tahu sendiri kalau perusahaan akan terus mencari cara untuk menambah profit. Dan salah satu caranya menggunakan fitur pengepul berita bombastis kalau boleh saya bilang.

Tapi saya sendiri agak terganggu dengan fitur ini pada browser Opera. Jadilah saya menggunakan browser lain yang saya harap tidak menambahkan fitur ini di kemudian hari hehehe.

Itu pendapat dan opini pribadi saya saja sih. Mungkin kalau kamu menganggap fitur ini bermanfaat, ya tidak apa-apa.

Foto: https://www.flickr.com/photos/teezeh/5772390548/
Diberdayakan oleh Blogger.