Cara Menikmati Koneksi 4G Secara Optimal


Setelah menunggu sekian lama, akhirnya 4G dari semua operator tersedia secara komersial. Dalam artian sudah mampu dinikmati secara umum oleh masyarakat, walaupun baru di tempat-tempat tertentu saja.

Awalnya saya menganggap remeh soal 4G ini kalau kecepatannya tidak terlalu berbeda jauh dengan HSDPA. Tapi setelah mencoba, jadi ketagihan dan tidak ingin kembali menggunakan HSDPA.

Kalaupun menggunakan HSDPA lagi, terasa perbedaannya cukup signifikan.

Apalagi banyak operator yang memberikan bonus kuota 4G dengan jumlah yang cukup besar. Sayang kalau tidak digunakan.

Masalahnya adalah jaringan tidak selamanya stabil. Koneksi 4G kadang tidak bisa ditangkap dengan sempurna. Malah balik lagi ke 3G HSDPA. Niat mau ngabisin kota 4G malah kuota 3G yang habis.

Jika ingin stabil di 4G, kamu perlu pengaturan khusus. Enggak ribet kok, cuma beberapa kali klik dan voila..

Caranya adalah masuk ke menu Setting -> More -> Cellular networks



Pada pilihan Preferred network type, pilih LTE only.

Dengan ini, smartphone akan memaksa jaringan seluler tetap di 4G LTE. Sehingga kecepatan dan kuota 4G dapat dimaksimalkan.

Tapi cara ini akan membuat baterai smartphone kamu boros. Dalam penggunaan saya pada Hisense Pureshot Plus, menggunakan LTE only sanggup menghabiskan daya baterai dalam waktu 4 jam saja.

Cara ini bermanfaat apabila di wilayah kamu sudah tersedia jaringan 4G, tapi kurang stabil. Dengan mengunci jaringan di LTE only, smartphone kamu akan secara otomatis mengunci jaringan hanya di jaringan 4G saja tanpa harus turun ke 3G.

Selamat mencoba.
Diberdayakan oleh Blogger.