Masih Pantaskah Membeli iPhone 4 di Tahun 2017?

iphone 4

iPhone memang merupakan smartphone yang menarik perhatian semua kalangan. Saya yakin bahwa setiap orang memimpikan untuk memiliki salah satu dari seri iPhone yang dirilis Apple.

Padahal harganya sangat mahal. iPhone 7 yang merupakan versi paling baru saja dibandrol seharga motor, tapi tetap saja ada yang membelinya. Faktor gengsi menjadi salah satu alasan kenapa orang tertarik untuk membelinya.

Bagi yang kantongnya cekak seperti empunya blog ini, membeli iPhone 7 rasanya seperti fatamorgana. Gaji yang hanya cukup buat makan sehari-hari rasanya sangat sulit untuk membeli gadget Apple tersebut.

Hal yang paling mungkin adalah membeli iPhone keluaran lama seperti iPhone 4. Smartphone Apple yang satu ini memang sudah cukup ketinggalan zaman. Tapi harganya sekarang hanya sekitar 1 jutaan saja. Harga yang sangat murah untuk ukuran gadget sekelas Apple.

Banyak juga yang masih menjual iPhone 4 di berbagai marketplace online. Ya tentu saja bukan barang baru. Di situs iBox saja sudah tidak ada iPhone 4s dan iPhone 5.

Tapi apakah iPhone 4 masih layak dibeli di tahun 2017? Walaupun 2016 belum usai, tentu kita harus berfikir jangka panjang karena membeli gawai tidak hanya untuk dipakai satu bulan dua bulan.

Jawaban saya relatif.

Menurut saya iPhone 4 masih layak buat dibeli bagi orang yang ingin menghindari distraksi sosial media. Itu karena iPhone 4 tidak bisa menginstal aplikasi macam Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya karena aplikasi tersebut membutuhkan minimal iOS 8-9 untuk bisa diinstal.

Aplikasi seperti Go-Jek, Grab, Uber juga tidak bisa diinstal.

Sedangkan iPhone 4 hanya berjalan hingga iOS 7. Hanya sedikit sekali aplikasi yang masih bisa diinstal di iPhone 4. Untuk game masih cukup banyak, tapi karena hardware yang masih jadul, bermain game di gawai ini terasa sangat menjengkelkan.

Disarankan untuk menginstal game ringan saja.

Untungnya aplikasi WhatsApp masih bisa dipasang. Setidaknya tidak ketinggalan informasi dari teman kerja yang saat ini menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi utama untuk berkirim pesan.

Aksesoris untuk iPhone 4 juga masih banyak yang menjual baik itu bumper case, hardcase, ataupun softcase. Jadi masih aman.

Dan yang paling penting adalah faktor gengsi yang naik seketika walaupun hanya menggunakan iPhone 4. Desainnya pun masih elegan untuk ukuran smartphone yang rilis di tahun 2011 ini kalau dibandingkan dengan smartphone yang dijual pada harga 1 jutaan.

Tapi bagi kamu yang memang tidak suka dengan keterbelakangan teknologi, tentu jangan membeli iPhone 4 karena banyak sekali aplikasi yang tidak bisa diinstal. iOS juga hanya mentok di iOS 7 dibandingkan dengan versi terbarunya yakni iOS 10 yang hadir dengan banyak sekali inovasi.

Jadi apakah kamu masih berminat buat membeli iPhone 4?
Diberdayakan oleh Blogger.