Alasan Kenapa Mulai Saat Ini Kamu Harus Menggunakan Linux


Saat ini kejahatan secara online sudah banyak terjadi. Fakta membuktikan bahwa kejahatan online terjadi karena si pengguna yang lalai atau tidak tahu tentang keamanan bertransaksi di dunia online.

Yang paling baru adalah ancaman yang bernama Ransomware. Sebuah program yang didesain untuk mengenkripsi semua data pengguna sebuah komputer/laptop dan hanya bisa dibuka oleh si pembuat Ransomware.

Sialnya, pembuat program jahat itu menginginkan tebusan berupa uang dalam bentuk bitcoin untuk dapat membuka sandi. Tapi kebanyakan kasus justru ketika si korban mentransfer sejumlah uang, komputer masih saja terkunci alias tidak ada password apapun yang diperlukan untuk membuka enkripsi itu.

Antivirus pun kesulitan untuk mendeteksi atau membasmi ancaman ini. Boleh dibilang jika kamu terkena Ransomware, lebih baik ikhlaskan data yang ada di komputer itu.

Jika hal ini terjadi pada individu, mungkin tidak terlalu masalah. Tetapi jika terjadi pada komputer perusahaan atau instalasi perangkat nuklir, hal ini bisa jadi berbahaya.

Itu hanya sedikit contoh dari ancaman yang kita hadapi di era globalisasi ini. Masih banyak contoh lain seperti virus, hacking, ataupun adware, sebuah aplikasi yang dipasang oleh program yang ada di komputer kita untuk keperluan iklan. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu.

Linux mungkin bisa jadi salah satu opsi paling bijak untuk menghadapi ancaman yang datang dari internet. Karena Linux sendiri sudah terbukti andal karena sistem operasi ini tidak dapat menjalankan file virus yang biasanya ada pada Windows.

Lalu kenapa kita harus mulai menggunakan Linux?

1.  Relatif lebih tahan terhadap aplikasi jahat yang berseliweran di internet


Kita tidak pernah tahu kapan ancaman virus, trojan, ataupun hacking terjadi terhadap komputer kita. Ketika ancaman itu ternyata datang, Linux sudah siap dengan berbagai pertahanan untuk meminimalisir dampak dari virus ataupun trojan dibandingkan dengan Windows.

Rata-rata file virus/trojan memiliki ekstension .exe di bagian belakang nama filenya. Di Windows, .exe bisa dijalankan sebagai sebuah aplikasi. Tetapi Linux tidak dapat menjalankannya dan hal ini membuat Linux lebih tahan terhadap virus.

2. Lebih aman untuk surfing internet


Internet ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi dia membawa kebaikan, tetapi di sisi lain dia memiliki kekurangan yang dapat dimanfaatkan orang jahat untuk mencuri sesuatu dari komputer kita.

Atau jangan jauh-jauh. Ketika kita klik sebuah situs suka tiba-tiba muncul pop-up yang sangat mengganggu.

Mungkin jika dilihat secara kasat mata, dia hanya menampilkan pesan atau karakter aneh. Tapi siapa tau sebenarnya itu sedang memasukan program yang ternyata trojan ataupun backdoor.

Antara Linux dan Windows memiliki kode yang sangat berbeda. Dan kebanyakan program jahat mengincar sistem operasi yang lebih populer untuk mengincar keuntungan.

Karena pengguna Windows sangat banyak, akan jadi santapan empuk bagi pembuat program jahat ataupun ransomware untuk menyerang. Dibandingkan Linux yang penggunanya kebanyakan kalangan expert.

Tapi sekarang ada Linux yang sangat user friendly seperti Ubuntu atau Linux Mint. Kamu bisa coba.

3. Sangat ringan dan mampu dijalankan di notebook lawas


Beberapa orang membutuhkan notebook yang murah, tetapi gegas performanya.

Kategori gegas disini tentu beragam. Ada yang gegas untuk gaming, grafis, ataupun penggunaan sehari-hari.

Kalau untuk penggunaan sehari-hari seperti mengetik, surfing, mendengarkan lagu, nonton film, kamu bisa menggunakan varian Linux yang sangat ringan. Contohnya Xubuntu, Lubuntu, ataupun Puppy Linux.

Varian distro ini sangat gegas karena hanya membutuhkan spesifikasi minimal pada sebuah laptop. Laptop jadul tahun 2012 pun masih relatif gegas jika dipasang Xubuntu atau Lubuntu, jadi tidak perlu beli notebook yang harganya mahal.

Linux sendiri memiliki pertahanan dasar yang tangguh untuk menghadapi berbagai serangan virus atau trojan yang ada di internet. Selain itu sistem operasi open source ini juga dapat jadi pilihan yang logis untuk kamu yang parno dengan internet.

Tapi tetap ingat bahwa tidak ada yang 100% aman dari ancaman internet ini. Jadi perlu kejelian kamu juga agar tragedi ransomware tidak terulang lagi.

Mau coba Linux?

Credit pic : Linoob
Diberdayakan oleh Blogger.