Tanda-tanda Bahwa Manusia Akan Tergantikan Oleh Mesin


Film Terminator seakan meyakinkan kita bahwa suatu saat mesin akan mengambil alih umat manusia. Peperangan antara manusia dengan Skynet masih terus berlanjut pada seri Terminator yang terbaru.

Semakin baru, robotnya akan semakin canggih. Itu karena pengaruh zaman yang memang selalu lebih maju.

Sepertinya tanda bahwa manusia akan tergantikan oleh mesin atau lebih tepatnya oleh Artifical Intelligence yang dimiliki oleh mesin akan semakin dekat. Soalnya sekarang ini banyak program atau pekerjaan yang tadinya dilakukan manusia, sekarang bisa tergantikan oleh robot.

1. Mobil yang bisa menyetir sendiri tanpa perlu campur tangan manusia



Program ini sekarang sedang digarap oleh banyak perusahaan. Bahkan Apple juga disebut-sebut sedang merancang mobil pintar yang sepertinya akan dirilis beberapa tahun lagi.

Tetapi tanpa perlu menunggu lama, sebenarnya Google sudah melakukannya. Dan beberapa kali sempat diujicoba di Amerika.

Lebih lengkap tentang Google Self-Driving.

Lebih dekat lagi, Singapura, ternyata sudah melakukan ujicoba taksi yang bisa menyetir sendiri tanpa supir. Adalah nuTonomy yang merancang taksi self-driving itu. nuTonomy sendiri adalah perusahaan startup yang berfokus pada software self-driving car.

Hmm..

2. Foxconn yang menggantikan 60.000 pekerjanya dengan robot


Foxconn dikenal sebagai perusahaan manufaktur jempolan asal Tiongkok. Tak heran bila Apple mempercayakan produksi iPhone nya di pabrik yang didirikan oleh Terry Gou tersebut.

Pada bulan Mei lalu, Foxconn merumahkan 60.000 karyawannya dengan alasan mengganti pekerjanya itu dengan mesin. Foxconn sendiri sering disinggung tentang kesehatan dan keselamatan kerja pada pabriknya yang kurang baik.

60.000 karyawan yang digantikan adalah karyawan yang melakukan pekerjaan repetisi atau yang merakit komponen.

Dengan digantikannya manusia oleh robot, tentu akan menghemat banyak sekali uang. Robot tidak perlu makan, minum, atau demo karena minta dinaikkan upahnya. Hanya perlu beberapa teknisi saja untuk memperbaiki seandainya robot itu rusak.

Berita tentang Foxconn ini bisa dibaca di BBC.

3. Personal digital assistant


Personal digital assistant ini semacam asisten pribadi kita yang hidup di hape dan mampu melakukan apa saja yang kita perintahkan. Mulai dari mencarikan alamat, hingga mengobrol.

Sudah banyak asisten digital ini hadir di tiap hape. Android dengan Ok Google, iOS dengan Siri, dan Microsoft dengan Cortana.

Ketika asisten digital ini mampu melakukan banyak hal. Kita tidak perlu mengetik atau swipe kanan kiri. Tinggal bicara ingin apa dan tadaaa, mereka melakukannya dengan cukup baik.

Bila ingin tahu tentang asisten digital ini, kamu bisa lihat video ini.


Ketiga hal diatas mungkin adalah tanda bahwa kita sebagai umat manusia agak terancam oleh keberadaan robot atau Artifical Intelligence yang ironisnya dibuat oleh manusia. Pada awalnya memang untuk memudahkan hidup manusia. Tapi lama kelamaan bisa mengancam keberadaan manusia. Seperti yang ada di film Terminator.

Menurut kalian bagaimana?
Diberdayakan oleh Blogger.