Samsung Galaxy S7, LG G5, iPhone SE, dan Xiaomi Mi5. Mana yang Akan Paling Laris?


Pada bulan Februari lalu, pabrikan smartphone global ramai-ramai merilis smartphone tercanggih pada tahun ini. Ada Samsung, LG, dan tidak lupa sang penggebrak pasar ponsel, Xiaomi (akhirnya) memperkenalkan sebuah smartphone flagship penerus Xiaomi Mi4.

Dan tidak lupa Apple yang pada minggu kemarin merilis iPhone SE. Sebuah iPhone hasil kawin silang antara iPhone 5s dan 6s karena layarnya hanya 4 inci, namun jeroannya setara iPhone 6s.

Sebagai pemimpin pasar, Samsung tentunya siap menggelontorkan banyak dana untuk promosi Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge ke berbagai negara. Dan salah satunya Indonesia.


Sedikit bocoran kalau ternyata Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge ini made in Indonesia. Tepatnya di pabrik mereka di Cikarang, Jawa Barat.

Apakah Samsung bakalan berhasil menarik minat pembeli Indonesia? Sedangkan harganya sendiri menyentuh harga Rp10 juta.

Melihat dari spesifikasi dan fiturnya, jelas kedua ponsel flagship Samsung ini bakalan menarik minat konsumen kelas atas. Desainnya yang premium, kamera yang responsif, dan performa yang tinggi, menjadi daya tarik tersendiri.

Dan satu lagi. Samsung juga menyertakan Gear VR untuk menikmati konten secara 360 derajat pada paket pembeliannya.


Lalu ada lagi LG G5. Sebuah smartphone asal Korea Selatan yang semi modular karena bagian bawahnya bisa dibongkar pasang dengan aksesoris dari LG. Smartphone ini juga merupakan ponsel modular pertama di dunia.

Sebenarnya tidak sepenuhnya modular. Karena hanya bagian bawah yang menyatu dengan baterai saja yang dapat dilepas. Dengan konsep ini, LG G5 dapat bertransformasi menjadi kamera digital ataupun perangkat pemutar audio hi-fi.

Ponsel modular sendiri sudah diperkenalkan Google dua tahun yang lalu lewat Project Ara. Namun project tersebut sudah tidak terdengar lagi gaungnya. Entah masih dikembangkan, entah tidak akan pernah dirilis.

Dari harga sepertinya tidak akan terlalu berbeda jauh dengan Samsung Galaxy S7 yang berada di kisaran Rp10 juta.


Ada lagi Xiaomi Mi5 yang sangat berpotensi merusak pasar ponsel flagship saat ini. Xiaomi saat ini juga dikenal sebagai produsen smartphone low-budget, namun spesifikasinya kelas wahid.

Contohnya adalah Xiaomi Mi5 ini yang spesifikasinya hampir setara Samsung Galaxy S7, namun harganya hanya dibandrol setengahnya dari ponsel flagship asal Korea Selatan itu.

Mungkin yang jadi kendala hanya satu. Apakah Xiaomi Mi5 akan masuk Indonesia secara resmi? Mengingat setelah seri Xiaomi Redmi 2 Prime tidak ada lagi smartphone Xiaomi yang hadir resmi di Indonesia seperti Redmi Note 2 ataupun Redmi Note 3.

Padahal kedua seri itu termasuk ponsel yang laris manis di berbagai toko online, walaupun garansi distributor.


Terakhir ada iPhone SE. Ponsel cantik dan mungil, tapi spesifikasinya setara iPhone 6s.

iPhone identik dengan desain yang manis, harga yang mahal, dan bergengsi tinggi bagi orang yang memilikinya. Dan juga sebagai trendsetter bagi dunia smartphone secara global.

Tapi ternyata iPhone SE dihargai tidak terlalu mahal. Apple hanya membandrol sekitar 399 dolar untuk iPhone SE dengan penyimpanan internal 16GB dan 499 dolar untuk penyimpanan internal 64GB.

Apple sendiri belum memastikan apakah iPhone SE akan dirilis resmi di Indonesia. Tapi salah satu website E-commerce jd.id sudah menyediakan pre order iPhone SE yang dibandrol Rp6.6 untuk penyimpanan internal 16GB juta dan Rp7.7 juta untuk kapasitas 64GB

Cukup murah untuk ponsel sekelas iPhone. Apalagi harga tersebut adalah harga baru, bukan rekondisi. Agak aneh juga memang mengapa Apple meluncurkan iPhone yang harganya lumayan murah.

Setidaknya konsumen yang diuntungkan.

Lalu manakah yang paling laku?

Menurut saya Xiaomi Mi5 dan iPhone SE yang akan laku keras di Indonesia. Hal ini karena Xiaomi dan Apple merupakan brand yang punya image kuat di masyarakat. Xiaomi dengan harga murah spek dewa, iPhone dengan harga mahal gengsi tinggi.

Harga keduanya juga tidak terlalu mahal ketimbang Samsung Galaxy S7 dan LG G5. Jadi dapat dipastikan kalangan menengah pun mampu membeli Xiaomi Mi5 ataupun iPhone SE. Kalaupun nyicil, tidak terlalu lama hehe.

Sayangnya Xiaomi Mi5 dan iPhone SE masih belum ada kejelasan apakah akan resmi dirilis di Indonesia karena terganjal aturan TKDN.

Kalau menurut kamu, mana yang akan laris manis?
Diberdayakan oleh Blogger.