(Pengalaman Pribadi) Review Windows 10 Mobile di Lumia 535


Sudah hampir 1 bulan saya mencoba Windows 10 Mobile di Lumia 535 milik saya. Dan rasanya ada banyak yang berubah di Windows 10 Mobile ini ketimbang di Windows 8.1 Denim.

Kamu sudah pasang Windows 10 Mobile belum?

Kalau belum, mungkin kamu harus baca review saya ini sebelum melangkahkan kaki di sistem operasi mobile yang baru dari Microsoft ini.

Baca juga Pengalaman Upgrade Ke Windows 10 Mobile



Impresi

Saya menggunakan Lumia 535 sebagai primary device. Digunakan sehari-hari untuk keperluan apapun seperti layaknya smartphone pada umumnya.

Windows 10 Mobile ini tampilan user interface nya bagus sekali. Tetap mempertahankan flat design, namun lebih modern dan lebih presh (orang sunda gak bisa bilang f).

Banyak yang dirubah Microsoft di Windows 10 Mobile. Diantaranya

  • Start Menu
  • List aplikasi
  • Settingan ponsel
  • Galeri foto
  • Store/Bursa
  • Internet Explorer berubah jadi Microsoft Edge
Dan perubahan lainnya yang mungkin belum saya sebutkan

Kamu boleh nambah kok. Bebas.

Boleh dibilang hampir semua segmen yang ada di Windows Phone 8.1 dirubah semua di Windows 10 Mobile ini, karena memang sebagian besar berubah tampilannya.

Apakah perubahan ini bagus?


Ada plus dan minus dari pembaharuan total yang dilakukan Microsoft di sistem operasi mobile miliknya.

Mau plusnya dulu atau minusnya dulu? Plusnya dulu aja deh ya.

Plus


UI lebih fresh



Dari tampilan awal sangat jelas bahwa Windows 10 Mobile ini lebih segar dan berwarna. Tidak seperti Windows Phone 8.1 yang lebih dark karena warna latarnya hanya dapat hitam atau putih.

Imbasnya seperti ada kepuasan tersendiri saat menggunakannya.

Store yang lebih interaktif



Kalau menurut saya, Store/Bursa yang ada di Windows Phone 8.1 terlalu minimalis. Dibandingkan dengan Store di Windows 10 Mobile lebih kaya fitur dan lebih interaktif.

Beberapa aplikasi UI lebih fresh

Aplikasi seperti Facebook, Line, 6tag, dan Twitter sepertinya mengikuti standar Windows 10 Mobile. Tampilan di aplikasi tersebut menurut saya sangat bagus. Seperti material design yang diterapkan oleh Google di Android Lollipop.

Perombakan total dilakukan Line di Windows 10 Mobile. Sekarang sudah menyerupai Line yang ada di Android untuk segi tampilannya.

Groove Music yang lebih fast loading



Saya cukup terkejut dengan Groove Music yang menggantikan pemutar musik default di Windows Phone 8.1 (saya lupa namanya). Lebih cepat loadingnya dan sangat responsif.

Tapi sayang tidak bisa diurut berdasarkan abjad. Hanya berdasarkan pada tanggal musik itu dimasukan.

Action Center lebih banyak



Jika pada Windows Phone 8.1 Action Center hanya menampilkan notifikasi dan 4 buah shortcut, di Windows 10 Mobile ada cukup banyak penambahan shortcut. Ada 16 shortcut yang ditambahkan. Dan ternyata ada untuk senter, sehingga kita tidak perlu instal aplikasi senter lagi.

Kamera yang cukup baik

Sejak diakuisisi Microsoft, saya rasa ada penurunan kualitas pada sektor kamera. Karena foto yang dihasilkan kurang jernih dan banyak noise yang dihasilkan. Tapi di Windows 10 Mobile, aplikasi kamera jadi lebih baik. Walaupun dalam beberapa review menunjukkan kamera yang justru tidak lebih baik setelah update.

Dan aplikasi Lumia Camera yang menjadi default kamera di Windows Phone, sekarang dirubah menjadi Camera sebagai aplikasi default kamera.

Sekarang Minusnya


Lag, lag, lag

Saya sangat sering merasakan lag di Windows 10 Mobile di Lumia 535 yang memiliki prosesor dual-core dan RAM 1GB. Padahal di Windows Phone saya tidak pernah merasakan lag ketika mengakses ponsel. Baik ketika membuka aplikasi ataupun menjalankan aplikasi.

Ada jeda yang cukup lama ketika membuka lockscreen. Ini sangat mengganggu. Dibandingkan dengan Windows Phone yang walaupun RAM 512MB, masih bisa ngacir performanya.

Browsing di Microsoft Edge yang kadang tidak bisa konek



Saya akui kalau browser Microsoft Edge itu bagus dan simpel. Tapi kadang-kadang tidak bisa konek ke interet. Padahal jaringan sudah HSDPA. Entah karena Microsoft Edge atau juga karena jaringannya.

Baterai yang lebih boros

Penggunaan normal ketika Lumia 535 saya menggunakan Windows Phone 8.1, baterainya kuat sampai 1 hari dengan penggunaan ala saya. Browsing, chatting, buka sosmed, baca pdf.

Tapi di Windows 10 Mobile ini aduh baterainya boros sekali. Mungkin karena penambahan fitur yang cukup banyak jadinya boros. Semoga saja ada update terbaru soal durabilitas baterai.

Itulah plus minus dari Windows 10 Mobile di Lumia 535 saya dengan penggunaan dan pengalaman pribadi. Kalau misalnya ada yang tidak sesuai dengan apa yang kamu alami, itu hal wajar karena penggunaan sebuah smartphone pada setiap orang berbeda. Pengalaman yang didapatkan pun berbeda.

Apa kamu punya pengalaman lain soal Windows 10 Mobile?
Diberdayakan oleh Blogger.