Tips Ampuh untuk Memilih Powerbank Agar Tidak Salah Beli


Kita semua memerlukan powerbank.

Itu karena setiap orang sudah pasti memiliki minimal satu buah smartphone tersimpan di saku. Terlebih karena kesibukan, kita tidak sempat untuk menemukan colokan untuk mengisi daya ponsel.

Apalagi smartphone sekarang rata-rata hanya mampu bertahan 12 jam dari indikator 100% sampai 15%. Itupun tergantung pemakaian. Semakin intens menggunakannya, semakin cepat pula habisnya.

Powerbank adalah salah satu solusi yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah daya pada ponsel kamu.

Tapi membeli powerbank itu sebenarnya tidak mudah juga. Memang harganya tidak lebih mahal dari smartphone. Namun kalau kamu membelinya dengan tepat, powerbank yang kamu gunakan bisa tahan lama.

Ada banyak powerbank beredar di pasaran. Tapi yang berkualitas tidak banyak.

Mau tahu cara memilihnya? Mari kita mulai.

1. Pilih kapasitas powerbank yang paling besar

Dengan kapasitas yang besar, akan sangat berguna kalau kamu memang sering di luar ruangan atau pekerjaan kamu menuntut untuk tidak diam di tempat. Smartphone kamu bisa bertahan lebih lama.

Apalagi untuk urusan bisnis.

Tapi kapasitas yang besar tentu harus ditebus dengan harga yang tidak murah juga.

Saat ini banyak powerbank yang menawarkan kapasitas sangat besar (lebih dari 15000 mAh) dengan harga dibawah 100 ribu.

Gila.

Untungnya darimana coba?

FYI, harga powerbank Sony dengan kapasitas 5000 mAh saja harganya 400 ribu lebih. Kalau 15000 mAh harganya jatuh banget, kamu patut curiga. Belum tentu kualitasnya baik.

Salah-salah bisa merusak smartphone juga.

Kapasitas besar tentu ada konsekuensinya lagi. Yaitu pengisian powerbank yang memakan waktu lama. Kurang lebih sekitar 4 jam dari 0% sampai 100%.

2. Merk

Merk memiliki andil besar apakah sebuah powerbank berkualitas atau tidak. Karena pabrikan yang sudah memiliki nama besar sudah pasti tidak ingin produknya mencoreng nama besarnya dengan produk gagal ataupun tidak bagus.

Untuk merk lokal, pilihlah powerbank dengan merk Vivan ataupun Delcell.

Khusus untuk Vivan, menurut saya powerbank merk ini punya model yang bervariasi. Jadi tidak monoton.

Untuk global, pilihlah Asus ataupun Xiaomi. Keduanya memiliki powerbank 10000 mAh yang harganya tidak lebih dari 300 ribu. Itu bisa jadi pilihan kalau tidak mampu membeli powerbank Sony ataupun Phillips.

3. Efisiensi

Sederhananya, efisiensi adalah kapasitas nyata yang mampu diberikan sebuah powerbank itu. Kalau kapasitasnya 10000 mAh, mungkin hanya bisa maksimal di 9000 mAh. Artinya efisiensinya sebesar 90%.

Semakin besar efisiensi, akan semakin bagus.

Tapi harus diperhatikan pula kalau efisiensi ini akan menurun seiring waktu pemakaian.

Jadi pilih yang efisiensinya lebih dari 80%.

4. Garansi

Beberapa produk powerbank mampu memberikan garansi hingga 1 tahun ganti unit jika mengalami kerusakan. Seperti Vivan, Delcell, ataupun Asus.

Hal ini membuktikan kalau pabrikan yang mampu memberikan garansi ganti unit, artinya mereka menjamin kalau powerbank mereka bagus.

Kalau yang tidak ada garansi, yah berarti kamu harus siap kalau ternyata baru beberapa kali pemakaian, powerbank sudah rusak dan drop kapasitas yang amat besar.

Kalau sudah memperhatikan hal-hal ini, kamu akan mendapatkan sebuah powerbank yang berkualitas bagus.

Kesimpulannya, ada harga ada rupa. Semakin tinggi kapasitas powerbank, semakin mahal pula harganya dan tentu kualitasnya juga semakin baik.
Diberdayakan oleh Blogger.