Xiaomi Mi5 Sudah Ada di Indonesia?


Beberapa waktu lalu di MWC Barcelona, Xiaomi memperkenalkan smartphone flagship terbarunya yaitu Xiaomi Mi5. Smartphone yang spesifikasinya sangat tangguh ini mampu menyaingi smartphone flagship pabrikan lain yang dijual lebih mahal dari Mi5.

Menjadi tanda tanya. Apakah Xiaomi akan membawa Mi5 ke Indonesia?

Saya ragu kalau Xiaomi mampu membawa Mi5 ke Indonesia. Soalnya walaupun Indonesia menjadi pasar Xiaomi, nyatanya semenjak Redmi 2 Prime diluncurkan, tidak ada lagi smartphone Xiaomi yang rilis di Indonesia secara resmi.

Yang ada hanyalah Xiaomi dengan garansi distributor. Lucunya produk dari distributor ini laris manis bak kacang goreng.

Sepertinya pengguna ponsel di Indonesia memang sangat menginginkan Xiaomi. Mereka berani untuk membeli produk Xiaomi dari distributor yang tidak resmi. Yang resmi adalah dari TAM ataupun TRIKOMSEL.

Pencarian saya untuk smartphone yang paling banyak dibeli di Tokopedia adalah Xiaomi Redmi Note 2 yang garansi distributor. Hanya satu dari merk Infinix yang muncul di pencarian. Sisanya didominasi oleh Xiaomi yang garansi distributor.


Mengapa Xiaomi seakan 'melepaskan' pasar Indonesia yang sangat menggiurkan ini?

Xiaomi Mi5 di Indonesia


Saya tidak tahu pasti apakah Xiaomi Mi5 akan hadir secara resmi ataupun tidak. Kalaupun resmi, Xiaomi jelas harus menuruti aturan TKDN yang sudah berlaku tahun ini. Entah itu membangun pabrik ataupun membangun software yang berasal dari Indonesia. Seperti Fira OS milik Polytron.

Tapi sebenarnya Mi5 sudah ada di beberapa toko online. Saya menemukannya di jd.id. Mi5 dengan memori internal 64GB yang dijual dengan harga Rp6.6 juta. Entah ponsel ini bergaransi resmi atau tidak. Tapi dilihat dari deskripsinya, si penjual hanya memberikan garansi toko.

Dan itupun sudah habis. Amazing.


Menurut kalian bagaimana?
Diberdayakan oleh Blogger.