Pengalaman Upgrade Ke Windows 10 Mobile Bersama Lumia 535


Sebenarnya udah agak gondok juga ke Microsoft karena mereka suka memberikan janji yang sangat manis. Gratis upgrade ke Windows 10 Mobile pada Bulan Februari lalu dan ternyata tidak ada upgrade sama sekali.

Sebelumnya Microsoft juga pernah menjanjikan bahwa upgrade sistem operasi untuk mobile ini akan hadir sebelum tahun 2015 berakhir. Nyatanya nihil.

Rasanya gimana yah. Kecewa. Tapi yaudah deh, namanya juga beli. Murah juga.

Tapi setelah baca berita, ternyata upgrade sudah tersedia pada hari Sabtu tanggal 19 Maret kemarin.

Setelah iseng-iseng, eh ternyata benar. Pembaharuan sudah tersedia dan musti memakai koneksi wifi biar update berjalan dengan lancar.



Tau sendiri kalau koneksi seluler di Indonesia bagaimana ya.

Sebelum memulai update, saya sarankan untuk rollback dulu ke WP 8.1 dulu jika kamu pengguna Windows Insider. Karena saya tidak mengikuti program ini, jadi lanjut ke tahap berikutnya.

Habis itu, langsung instal aplikasi Upgrade Advisor yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Jangan sampai salah.

Ikuti petunjuk yang ada di aplikasi tersebut. Jangan lupa koneksi internet dan baterai harus sangat fit. Ini karena agar proses upgrade berjalan mulus. Plus, free space di ponsel harus lebih dari 2 GB, karena file upgrade cukup besar.

Setelah itu langsung download update. Sambil menunggu, kamu bisa melakukan hal lain seperti tidur misalnya. Karena upgrade berlangsung cukup lama. Pengalaman saya memulai upgrade ke Windows 10 Mobile dari awal sampai akhir berlangsung selama 4 jam. Dari jam setengah 9 malam sampai setengah 1 malam.

Lucunya, besok pagi saya harus mengikuti test untuk masuk ke perusahaan yang ternyata gagal pada tahap pertama. Salah gue apaa?

Dan akhirnya penantian panjang itu pun tiba. Setelah di-PHP berkali-kali oleh Microsoft, Windows 10 Mobile berhasil diinstal di Lumia 535! Dan tampilannya keren banget menurut saya. Masih tetap kotak-kotak, namun lebih cerah dan eye-catching.


Ada dua update yang saya terima. Tahap pertama wajib menggunakan wifi. Sedangkan untuk tahap kedua bisa menggunakan koneksi selular. Karena kuota masih ada banyak dan sudah tidak sabar untuk mencicipi Windows 10 Mobile ini, langsung saya update lagi sambil ditinggal tidur.

Saya sempat mencoba sebentar Windows 10 Mobile update tahap pertama. Yang saya rasakan adalah panas yang berlebih, lambat, dan tidak bisa mengambil screenshot.

Update tahap kedua yang saya rasakan lebih smooth. Performa gegas dan bisa mengambil screenshot.

Kenapa updatenya dibagi dalam dua tahap ya? Ada yang tahu?

Sampai hari Rabu ini performa Lumia 535 menggunakan Windows 10 Mobile cukup memuaskan. Tampilannya membuat saya puas. User interface nya juga modern. Dan belum menemui kendala yang berarti.

Hanya kendala touchscreen yang terlalu sensitif di Lumia 535 dari dulu sampai sekarang belum bisa teratasi. Semoga saja bisa teratasi dalam beberapa tahun kedepan.
Diberdayakan oleh Blogger.