3 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Patah Hati


Saya yakin semua orang pernah patah hati. Ketika kamu seorang pekerja pabrik yang masih lajang, bekerja di lingkungan mayoritas laki-laki membuat pandangan serasa menjemukan.

Bekerja 12 jam setiap hari memang membuat pundi-pundi kekayaan membesar. Lelah terasa sangat mendera. Namun semua terasa sia-sia jika tidak ada perempuan disisi, yang ikhlas memberikan dukungan moril, dukungan senyuman, rasanya itu cukup untuk membuatmu semangat bekerja lagi.

Tapi saat kamu menemukan seorang wanita yang kamu harapkan menjadi rumah, menghilang begitu saja, bagaimana rasanya? Ditambah badai gelombang PHK yang semakin besar, bukan tidak mungkin giliran pabrikmu bekerja, tentu hidup makin tidak karuan.

Dan pastinya semakin stres. Lalu gila.

Jangan sampai. Jangan gila.

Dan jangan juga melakukan hal-hal bodoh ketika patah hati. Itu membuktikan kalau kamu memang belum siap menerima penolakkan.

Ketika patah hati, kamu bisa melakukan banyak hal. Ada beberapa yang bisa kamu coba.

1. Berdoalah sebanyak mungkin kepada Tuhan

Berdoa kepada Tuhan merupakan jalan yang paling ampuh untuk meredakan patah hati. Bahkan mampu mengubah emosi patah hati menjadi semangat yang dapat membangkitkan spirit kamu lagi. Untuk yang muslim, bisa dengan solat berjamaah setiap hari, membaca Al-Quran, dan berpuasa.

Mungkin Tuhan ingin mengingatkan bahwa kamu lupa kepada-Nya, sehingga Dia memberikan patah hati agar kamu bisa kembali kepada-Nya. Yang Maha Menciptakan, Yang Maha Pemilik Cinta.

2. Melakukan hal yang positif seperti... menulis

Bisa menulis merupakan anugerah menurut saya. Karena tidak semua orang bisa menulis.

Ingat dengan kutipan Sayyidina Ali?

Semua penulis akan mati, tapi karyanya akan tetap abadi.

Tulislah semua hal yang dapat membuat kamu senang. Yang dapat meredakan kekecewaan yang bersandar di sanubari.

3. Terus mencari. Dan jika gagal lagi, cari lagi sampai ketemu.

Jangan lemah jadi laki-lagi. Gagal sekali, dua kali, sepuluh kali gak masalah.

Kalau gagalnya banyak sekali, berarti pendamping kamu nanti akan luar biasa sekali.

Beberapa penemuan hebat mengalami percobaan yang gagal berkali-kali. Karena jika terus diusahakan, Insya Allah berhasil. Justru kalau berhenti berusaha, itulah gagal yang sebenar-benarnya gagal.

Jadi tetaplah berusaha, berikhtiar, dan berkaca pada diri sendiri. Jika selama ini sedang jauh dari Tuhan, maka dengan patah hati Tuhan sebenarnya sedang memanggil kamu agar kembali mendekat kepada-Nya. Meminta cinta kepada pemilik cinta jauh lebih bermanfaat dibandingkan mendengarkan lagu galau ataupun menghujat perempuan itu.

Gambar diambil dari Pixabay
Diberdayakan oleh Blogger.